Penyebab kinerja komputer menjadi lambat

Komputer yang kerjanya lambat memang sering membuat kita jengkel apalagi kalau udah hang waktu lagi ngerjain tugas penting atau lagi browsing. Sulit juga sihh cari komputer yang kerjanya cepet tapi ga usah khawatir Karena saya punya cara manual untuk mengoptimalkan kinerja computer yang lemot.



Ini dia cara manual untuk mengoptimalkan kinerja sistem komputer:
  • Banyak sekali aplikasi yang di install tetapi tidak di pernah digunakan
Kalau anda ingin menginstall suatu software di komputer, sebaiknya install yang memang di perlukan, jangan menginstall aplikasi yang tidak anda gunakan. Karena ini akan secara otomatis mengambil source/space harddisk komputer, sehingga pasti akan sangat mengurangi kecepatan kinerja komputer tersebut.

  • Data yang ada di Ricycle bin terlalu banyak
Kalau anda ingin membuang suatu data yang sudah tidak dibutuhkan lagi, lebih baik di buang secara permanen, dengan menekan tombol Shift + Del pada file yang ingin anda buang, sehingga file tidak akan masuk ke ricycle bin, tetapi akan di hilangkan dari komputer tersebut. Dan juga file-file seperti COOKIES, HISTORY dll, yang merupakan file-file yang muncul setelah kita browsing atau menggunakan internet,  sebaiknya juga di hilangkan  karena memakan kapasitas yang lumayan besar di dalam komputer, untuk menghilangkan nya dapat menggunaknan software seperti Ccleaner, Tune Up dll. File-file History akan muncul ketika melakukan koneksi ke jaringan internet. Jika tidak dibersihkan akan mempengaruhi kinerja komputer. Bersihkan file history pada menu Tools > Internet Option pada masing-masing web browser yang dipakai.
Ada juga bebeberapa aplikasi yang secara otomatis menyimpan file cadangan (backup) seperti bak, backup, dan lain-lain. Jadi ketika menyimpan sebuah file, maka file lama akan tetap ada dengan format yang berbeda yaitu file.BAK. Bersihkan file-file ganda yang tidak digunakan, namun harus dipastikan bahwa file terakhir tersimpan adalah file yang akan dipakai.
  • Aplikasi yang terlalu banyak di Start Up/Desktop
Saat pertama kali anda menginstall software, terdapat pilihan berupa ikon untuk menambahkan di Quicklaunch, desktop dsb, sebaiknya kita tidak perlu seperti itu, karena akan memakan waktu yang lumayan lama untuk membuat program tersebut aktif karena hal ini akan memperlambat kinerja komputer. Aturlah beberapa aplikasi yang memang dibutuhkan atau sering kali digunakan dengan cara mengatur konfigurasi. Jalankan menu Start kemudian pilih Run, ketikkan msconfig. Nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan ketika anda Start Up.
  • File system yang kurang terawat
Sama saja halnya seperti manusia, komputer juga membutuhkan penyegaran setelah digunakan bekali-kali, dengan melakukan Scandisk dan Defrag Hardisk yang berkala, mungkin terserah anda saja tetapi saya sarankan minimal satu bulan sekali. Ini berguna untuk mengoptimalkan kembali kinerja Harddisk komputer yang mati mendadak akibat komputer hang. Selain melakukan Scandisk, yang tak kalah pentingnya juga adalah Defragmentasi secara berkala. Hal ini sangat berguna ketika tingkat penggunaan komputer tinggi. File-file perlu ditempatkan sebagaimana mestinya agar ruang kosong tidak berantakan. Jika ruang penempatan file berantakan bisa mengakibatkan kinerja komputer lambat.
  • Proses Shutdown/mematikan komputer tidak sesuai perosedur
Kadang-kadang komputer langsung hang secara mendadak ketika sedang asyik bekerja. Kita akan mematikan komputer tersebut dengan cara menekan tombol Restart atau Booting. Hal ini dikerenakan kita tidak bisa mematikan komputer melalui proses Shutdown karena semua tombol keyboard tidak berfungsi.
Apabila sering mematikan komputer melalui tombol Booting, lama-lama bisa mengakibatkan sistem operasi tidak berjalan normal dan hardsik akan mengalami kerusakan (bad sector). Hal ini akan memperparah keadaan karena file-file sistem yang ada pada bad sector tidak dapat terbaca, sehingga komputer sering mengalami mati mendadak /hang.

Nahh, cukup sekian dulu tips dari saya mungkin masih banyak cara lainnya tapi ga ada salahnya juga kalau nyoba tips dari saya. J

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Tips dan trik informasi teknologi | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top